Jun 182010

Festival kesenian Jogja XXII 2010 telah hadir

Festival kesenian Yogyakarta hadir kembali. 9 juni 2010 yang lalu saya berkunjung ke FKY ini. FKY yang ke 22 ini berlangsung dari tanggal 7 Juni s/d  7 Juli 2010. Pada FKY kali ini tema yang di ambli adalah ‘Jogja memang Istimiwa’. Tempat  dilaksanakannya FKY adalah di Taman Budaya Yogyakarta dan Benteng Vredeburg dan Puro Pakualaman. Kebetulan saya hanya mampir ke Benteng Bredeburg saja. Di Benteng ini terdapat pameran kerajinan dari pengrajin yang ada di jogja, seperti lukisan, keramik dan lainnya.

Ini sedikit foto yang saya ambil di FKY, saya tidak dapat mengambil banyak foto, ini dikarenakan stand pada saat itu masih ada yang tutup. Mungkin ini dikarenakan saya terlalu awal untuk datang ke sana

Berikut ini adalah data event yang akan dilaksanakan selama FKY yang saya ambil dari web FKY2010

Sub event yang akan dilaksanakan FKY XXII:
1. Pawai Budaya pada acara pembukaan di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.
2. Pagelaran Seni dan Tradisi di Taman Budaya Yogyakarta(TBY) dan Puro Pakualaman.
3. Pameran Seni Rupa di Benteng Vredeburg.
4. Pasar Seni yang di dalamnya ada panggung kesenian di Benteng Vredeburg.
5. Dialog Seni di Ruang Seminar TBY.

Pawai Budaya FKY XXII akan diikuti lebih dari 30 grup kesenian dan komunitas seni dari 5 kabupaten/ kota yang ada di D I Yogyakarta yang mengambil rute, start dari Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta-Jl. P. Senopati-Jl. Sultan Agung dan finish di Puro Pakualaman.

Pagelaran Seni dan Tradisi akan digelar di TBY: Kesenian Tari Tradisional dan kontemporer, teater, Wayang Orang, Pergelaran Sastra. Gelar Seni Pertunjukan Istana di Puro Pakualaman,dan pagelaran Gita Bahana Nusantara di Sekolah menengah Musik Yogyakarta dan SMK N II Kasihan Bantul.

Pameran Seni Rupa berlangsung 27 Juni sampai 7 Juli di Gedung-F Benteng Vredeburg, memamerkan berbagai karya lukisan, patung, instalasi dan lain-lain dengan format pameran kelompok, yaitu memamerkan karya-karya berbagai kelompok seniman yang ada di Yogyakarta.

Pasar seni, diselenggarakan di Benteng Vredeburg selama 1 bulan dari tanggal 7 Juni sampai 7 Juli dibuka dari jam 10.00 – 21.00 WIB dengan menggelar lebih dari 150 stand pameran yang terdiri dari stand utama sebagian besar produk kerajinan, lukisan, asesoris, batik, pakaian etnik, T-shirt, sovenir dan stand pendukung adalah Foodcourt FKY yang menampilkan makan khas Jogja seperti gudeg, jadah-tempe, bakpia dan lain-lain juga stand makan-minuman ringan lainnya.

panggung kesenian selama satu bulan yang akan menampilkan, seni tradisi seperti: macopat, kethoprak, tari, jathilan,wayang kulit dan lain-lain. Selain itu juga akan ditampilkan berbagai pagelaran musik: keroncong, rampak rebana, pop, dan berbagai penampilan group band yang ada di Yogyakarta. Yang lain dari tahun sebelumnya pada panggung Pasar Seni FKY XXII akan diselenggerakan Parade Band Indie.

Festival dan perlombaan: Selama FKY XXII akan diselenggarakan:
1. Festival Gandrung Kethoprak D I Y-Jateng tanggal 3 Juli 2010 di Panggung Kesenian, Benteng Vredeburg.
2. Festival Monolog D I Y – Jateng pada tanggal 6-7 Juli di Gedung Societet TBY.
3. Lomba Lukis untuk tingkat SD, SMP dan SMA/SMK kerja sama D I Y- Kyoto Jepang pada tanggal 27 Juni di Benteng Vredeburg.

gambar logo dan data FKY saya ambil dari web FKY2010

0 komentar:

Posting Komentar